Bocoran dari Juri: Tips Presentasi Lomba [part 2]



Part 1: https://www.youtube.com/watch?v=IHCypLyU4qY

Pada video sebelumnya, saya telah bercerita tentang pengalaman saya menjadi salah seorang juri dalam lomba Cimahi Creative IT 2018 dan apa saja yang perlu kita perhatikan dalam mempersiapkan presentasi karya dalam sebuah lomba. pada video kali ini saya akan melanjutkannya dengan tips-tips mempresentasikan hasil karya lomba kita dihadapan para juri.

ketika saya memperhatikan beberapa presentasi yang disampaikan peserta lomba ada beebrapa hal yang mungkin sepele yang sering membuat presentasi tidak berjalan lancar diantaranya adalah Peserta yang gugup .
memang benar, presentasi semacam ini mungkin bagi sebagian orang menjadi satu momen yang mendebarkan, saya pun pernah dan sering juga mengalaminya.. namun demikian, hal ini perlu kita lawan, dalam arti kita perlu menjadikan diri kita bersahabat dengan situasi sulit semacam ini, jangan sampai kegugupan kita mengalahkan visi kita. beberapa orang ada yang mengalahkannya dengan mendengarkan musik terlebih dahulu sebelum tampil, atau ada juga dengan makan permen misalnya.
intinya, kita perlu siapkan obat penawar dari ketakutan kita sebelum saat presentasi tiba.

Hal kedua yang sering menjadikan presentasi hasil karya lomba kita menjadi kontraproduktif adalah kita terlalu terlena untuk menceritakan hal-hal diluar konteks hingga pada akhirnya materi utama dari presentasi terlewatkan karena waktu keburu habis. Saya sering menyarankan kepada para peserta lomba untuk fokus dulu pada presentasi fitur utama dan proses kreatif, nah… jika masih tersedia waktu maka boleh diceritakan hal lain, misal karyanya dibuat menggunakan platform atau framework apa dan sebagainya.

Hal ketiga yang sering saya temui ketika menjadi salah satu juri lomba seperti ini adalah peserta yang suka curhat! hehe..
maksudnya terkadang ada peserta yang sebetulnya belum siap melakukan presentasi karya yang akhirnya menutupi ketidaksiapannya itu dengan menyampaikan cerita diluar konteks lomba. misal curhat tentang kurangnya waktu pengerjaan karya.., curhat karena ketika lomba kebetulan sedang sakit dan sebagainya.
Dari sudut pandang juri hal ini biasanya tidak malah meningkatkan poin penilaian, kami khususnya saya tidak ingin mendengar cerita diluar konteks proses kreatif yang dilakukan.

Terakhir yang sering menjadi penyebab kacau balau-nya presentasi karya adalah peserta yang tidak menyiapkan peralatan teknis dengan baik. seperti ketika masuk ruang presentasi laptop dalam keadaan mati sehingga perlu 3-5 menit untuk membuka presentasi, belum lagi ada yang lupa menyimpan bahan presentasinya disimpan di direktori mana.. ini kesalahan fatal menurut saya.
persiapan teknis yang mungkin dianggap sepele ini biasanya menurunkan kredibilitas peserta di mata para juri . oleh karena itu, persiapkanlah hal-hal sepele seperti, laptop dalam keadaan standby dan slide presentasi sudah dibuka sebelum masuk ruangan penilaian.. atau kalau perlu menyiapkan alat-alat cadangan kalau ternyata misalkan proyektor yang disediakan panitia tidak compatible dengan laptop kita.

Tips-Tips Presentasi Lomba

source

You May Also Like

3 Comments

  1. Semoga aku ikut lomba tidak gugup saat presentasi dalam lomba melukis dan presentasi

    Doain ya karena saya orangnya penakut Ama gugup semoga lancar

    Makasih videonya ya bang

Leave a Reply

Your email address will not be published.