Contoh Presentasi Bahasa Jepang | 日本語プレゼン大会



The Japan Foundation sejak 1970 selama lebih dari 50 tahun telah menyelenggarakan lomba pidato yang ditujukan bagi pembelajar yang mempelajari bahasa Jepang di perguruan tinggi dan di lembaga bahasa Jepang umum di Indonesia. Namun, seiring perubahan besar yang terjadi dalam lingkungan pendidikan akibat kemajuan akademik serta perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang luar biasa beberapa tahun terakhir, maka terjadi juga perubahan dalam cara berkomunikasi.

Abad ke-21 disebut juga dengan zaman “Masyarakat Berbasis Pengetahuan” di mana pengetahuan, informasi, dan teknologi baru merupakan hal penting sebagai dasar kegiatan di segala bidang dalam masyarakat. Di dalam dunia pendidikan, pelatihan ketrampilan abad ke-21 yang meliputi kreativitas, kemampuan berpikir secara kritis, literasi ICT dan kolaborasi menjadi hal yang dibutuhkan daripada sekedar mendapatkan pengetahuan saja. Berdasarkan hal tersebut, maka The Japan Foundation Jakarta merancang lomba presentasi bahasa Jepang, sebagai program yang mendorong semangat pembelajar bahasa Jepang yang sesuai dengan zaman ini, dan bertujuan melatih literasi ICT, kreativitas, dan kemampuan berpikir secara kritis.

“Pra-Lomba Presentasi Bahasa Jepang Tahun 2019” ini dilaksanakan sebagai simulasi dari lomba presentasi bahasa Jepang yang akan diselenggarakan pada tahun fiskal 2020 mendatang. Oleh karena itu, setelah penyelenggaraan pra-lomba ini akan dilakukan peninjauan terhadap hasil dan masalah yang terjadi, yang digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk penyelenggaraan lomba presentasi bahasa Jepang selanjutnya.

source

You May Also Like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.