Tips-Tips Presentasi Lomba | Bocoran dari Juri [part 1]



Beberapa minggu yang lalu saya mendapatkan sebuah kehormatan dari diskominfo-arpus kota cimahi untuk menjadi salah seorang juri dalam 2 lomba “IT Creative 2018”, yaitu lomba MOBILE LEARNING dan MOBILE GAMES.

Perlombaan diikuti oleh cukup banyak peserta yang ide-idenya sungguh kreatif dan membuat saya sangat terkesan.

namun, sayangnya banyak peserta yang memiliki karya bagus tetapi belum dapat mempresentasikan hasil karya nya dengan baik di hadapan para juri, sehingga kami selaku dewan juri pun tidak dapat memberikan penilaian maksimal untuk beberapa peserta tersebut.

Sebenarnya… menurut saya ada beberapa hal yang bisa kita optimalkan ketika kita akan mempresentasikan hasil karya kita ketika mengikuti sebuah perlombaan semacam ini.. baik di tahap persiapan maupun disaat pelaksanaannya.

di tahap persiapan setidaknya kita perlu menyiapkan 3 hal, yaitu: menyiapkan bahan presentasi.., mengkonfirmasi waktu yang disediakan panitia dan berlatih untuk tampil.

menyiapkan bahan presentasi menjadi sangat penting ketika kita ingin menampilkan kreatifitas kita dihadapan juri, selain elemen visual yang nyaman dilihat, isi dari presentasi yang akan disampaikan perlu diperhatikan. Saya selaku juri sangat senang jika peserta menyiapkan slide prsentasi yang terstruktur namun tidak terlalu formal… maksudnya adalah slide presentasi disusun dengan rapi mencakup nama karyanya apa.., tujuan dibuat produk tersebut untuk apa, fitur2 yang disediakan hingga proses kreatif dibalik produk atau karya yang dihasilkannya. nah.. yang terakhir banyak peserta lupa atau bahkan menganggap tidak penting menyampaikan bagaimana proses pencarian ide hingga menjadi sebuah karya yang mereka buat.

di tahap persiapan juga alangkah lebih baiknya kita mengkonfirmasi ke panitia lomba, berapa lama sih waktu yang diberikan untuk kita mempresentasikan karya kita? hal ini penting agar presentasi kita nanti efektif dan efisien.

terakhir, di tahap persiapan alangkah lebih baiknya jika kita berlatih. ya… berlatih mempresentasikan karya kita. kalau sendiri atau individual, kita bisa berlatih di depan cermin misalnya atau jika berkelompok bisa meminta tanggapan dari anggota kelompok lainnya tentang bagaimana agar presentasi kita menarik dan memukau para juri.

Tips-Tips Presentasi Lomba

source

You May Also Like

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.