Tutorial Kuliah Online: Presentasi Pakai Google MEET



TYPO: “Present know” — “Present now.”
Aturan umum untuk memastikan kualitas suara selama pertemuan meggunakan alat konferensi vidio (Google Hangouts Meet, Slack, Jitsi, BigBlueButton, Lark atau Zoom):

A. Ceramah
(1) Semua peserta mematikan (mute) mikrofon kecuali dipersilahkan oleh Dosen untuk menghidupkan (unmute) mikrofonnya.
(2) Bagi yang pakai quota data (bukan pengguna jaringan Wifi), disarankan mematikan kamera untuk menghemat pemakaian quota.

B. Presentasi & Diskusi
(1) Semua peserta mematikan (mute) mikrofon kecuali presenter
(2) Ketika penanggap menghidupkan (unmute) mikrofon dan berbicara, mikrofon presenter dan peserta yang lain dimatikan (mute)
(3) Bagi yang pakai quota data (bukan pengguna jaringan Wifi), disarankan mematikan kamera untuk menghemat pemakaian quota.

C. Ujian Skripsi/Tesis/Disertasi
(1) Semua peserta mematikan (mute) mikrofon kecuali yang sedang bicara
(2) Bagi yang dipersilahkan berbicara dapat menghidupkan (unmute) mikrofonnya.

#googlemeet #kuliahonline #presentasi

Kekhawatiran atas transmisi COVID-19 menutup sekolah di seluruh dunia, dan jutaan siswa tidak dapat bersekolah secara fisik.

Untuk membantu ini, Google baru-baru ini mengumumkan bahwa fitur-fitur canggih Hangouts Meet tersedia secara gratis bagi siapa saja yang menggunakan G Suite di seluruh dunia. Ini berarti Anda dapat membuat hingga 250 orang dalam panggilan Hangouts Meet — seluruh kelas atau kelompok kelas dapat mengikuti pelajaran secara bersamaan. Anda akan mendapatkan streaming langsung hingga 100.000 pemirsa dalam domain Anda, sehingga Anda dapat melakukan perakitan sekolah virtual atau mengalirkan kuliah. Plus, Anda dapat merekam rapat dan menyimpannya di Google Drive. Ketika siswa tidak dapat mengikuti pelajaran, mereka akan dapat mengakses konten nanti.

Untuk pendidik yang mempersiapkan kemungkinan penutupan sekolah – atau saat ini sedang menghadapi mereka – berikut adalah beberapa cara lain untuk menangani pembelajaran jarak jauh.

Biarkan siswa tetap terlibat saat mereka di rumah

Pembelajaran virtual dapat mengisolasi dan melepaskan siswa. Duduk di depan layar selama berjam-jam menonton video dapat memaksa siswa untuk maju cepat atau bahkan melewatkan pelajaran sama sekali. Untuk membuat mereka tetap terlibat, buka diskusi virtual tentang apa yang mereka pelajari. Dalam pelajaran yang mengeksplorasi siklus air, tantang siswa untuk menjeda video dan bergabung dengan diskusi di Google Classroom (menggunakan Stream) tentang terakhir kali mereka mengalami badai petir. Anda juga dapat menggunakan komentar di Google Documents dan Kelas untuk berdiskusi dua arah dengan siswa saat Anda memberikan umpan balik tentang pekerjaan mereka — strategi hebat lain untuk dilibatkan ketika Anda tidak dapat melihatnya secara langsung.
#zainalfikri #tutorial #googlemeet

source

You May Also Like

19 Comments

  1. Pak, saya mencoba hal tersebut, akan tetapi pptnya justru tidak terlihat oleh saya yang mempresentasikan. Solusinya bagaimana ya pak?

  2. Rapat di google meet nya bisa di sambung ga ya mas, misalnya saya rapat tanggal 18 nah saya buat room dulu di tanggal 17, apakah room yang saya bikin di tanggal 17 tadi masih bisa dipakai/disambung untuk rapat ditanggal 18 kalo bisa gimana caranya ya

  3. Maaf pak mau tnya, saya sudah mulai meeting dan saat saya mau mempresentasikan itu tidak bisa pak, tidak muncul option buat presentasi, pas saya klik (…)itu yg keluar malah option switch camera, report a problem, help, sama cancel pak😭. Apakah hp saya yg error ya pak?

Leave a Reply

Your email address will not be published.